A. Konsep pembelajaran elektronik learning
1. Pengertian teknolgi informasi dalam pembelajaran à upaya menghubungkan pembelajaran yang secara fisik
terpisah atau bahkan berjauhan.
2. Hakikat teknologi informasi à teknologi informasi dapat menjadi alat pendorong ke arah
kemajuan bangsa.
3. Konsep pembelajaran melalui teknologi informasi à berkaitan dengan tiga mode dasar dialog komunikasi yaitu
: dialog/komunikasi antara guru dengan siswa, siswa dengan sumber belajar, dan
diantara siswa.
4. Faktor pendukung pembelajaran melalui teknologi informasi
a. Institusi à dalam bentuk kebijakan dan komitmen.
b. Masyarakat à lingkungan keluarga siswa.
c. Guru à pendamping siswa
d. Siswa à pahami melalui pengujian perbedaan karakteristik, sikap
dan perilaku audiens.
e. Teknologi à peralatan, instruktur, pengoprasian dan perawatannya.
B. Pengembangan model pembelajaran melalui internet
1.
Model-model pembelajaran Internet
a.
Web course à penggunaan internet untuk keperluan
pembelajaran, dimana seluruh bagian bahan belajar, diskusi, konsultasi,
penugasan, latihan dan ujian sepenuhnya disampaikan melalui internet.
b.
Web centric course à sebagian bahan belajar,
diskusi, konsultasi, penugasan, latihan disampaikan melalui internet, sedangkan
ujian dan sebagian konsultasi, diskusi dan latihan dilakukan secara tatap muka.
c. Web enhanced course à untuk menunjang peningkatan kualitas belajar mengajardi
kelas.
2. Pengembangan model pembelajaran melalui internet à meliputi keuntungan, biaya pengembangan, biaya
operasional dan perawatan, SDM dan siswa.
3. Aplikasi pembelajaran melalui teknologi informasi
a. Selective model à guru memilih salah satu alat/ media untuk menyampaikan
pelajaran.
b. Sequential model à giliran.
c. Static station model à guru mempunyai beberapa sumber belajar untuk mencapai
tujuan yang sama.
d. Laboratory model à digunakan jika tersedia sejumlah komputer di sekolah/ di
lab yang dilengkapi dengan jaringan internet, dimana siswa dapat menggunakannya
secara lebih leluasa.
C. Kemasan dan teknologi pembelajaran melalui teknologi
informasi
1. Hakikat kemasan belajar melalui teknologi informasi à seperangkat material yang digunakan oleh seseorang untuk
melakukan kegiatan belajar.
a. Teknologi informasi dalam pembelajaran à merangkum semua aspek yang berhubungan dengan mesin.
b. Pengembangan bahan pembelajaran à merupakan bahan pembelajaran yang secara langsung
digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
2. Prosedur pengembangan bahan ajar
a. Persiapan à mnyusun bahan ajar, mempelajari kurikulum, mengumpulkan
berbagai sumber yang diperlukan.
b. Penulisan draft bahan ajar à diskusi isi draft bahan ajar.
c. Penyelesaian à memperhatikan aspek kebahasaan, keterbacaan, kosakata
yang digunakan termasuk tingkat kesulitan bahasa dikaitkan dengan pengguna
utama.
3. Pengemasan bahan pembelajaran à memiliki dua fungsi utama : pertama adanya peradaban
yang lebih kompleks dan standar kehidupan yang lebih tinggi yang menjadikan
produk tersebut perlu dikemas dengan rapih dan fungsional, yang kedua, kemasan
menjadi bagian penting dalam proses penjualan.
4. Kawasan teknologi pembelajaran
a. Kawasan desain à fungsi perencanaan, baik dalam tingkat makro atau kikro.
b. Kawasan pengembangan à berakar dari persoalan produksi media
c. Kawasan pemanfaatan à berasal dari gerakan pendidikan visual.
d. Kawasan pengelolaan à meliputi pengendalian teknologi pembelajaran.
e. Kawasan penilaian à proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan
pembelajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar