A. Inovasi kurikulum berbasis kompetensi
1. Pengertian à seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi
dan hasil belajar yang harus dicapai siswa, penilaian, kegiatan belajar
mengajar dan pemberdayaan sumber daya pendidikan dan mengembangkan sekolah
(depdiknas, 2002).
2. Karakteristik
a. Menekankan pada ketercapaian kompetensi baik individual
maupun klasikal
b. Berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman
c. Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan
metode yang bervariasi sesuai dengan keberagaman siswa
d. Sumber belajar bukan hanya guru
e. Penilaian menekankan pada proses dan hasil belajar
3. Pengembangan
a. Asas à filosofis (nilai yang berlaku di masyarakat), psikologis
(kejiwaan dan perkembanagn peserta didik) dan sosiologis&teknologis.
b. Prinsip
1). Peningkatan budi pekerti luhur dan penghayatan nilai
budaya
2). Keseimbangan etika, logika, estetika dan kinestetika
3). Penguatan integritas nasional
4). Perkembangan pengetahuan dan teknologi informasi
5). Pengembangan kecakapan hidup
6). Pilar pendidikan
7). Komprehensif dan berkesinambungan
8). Belajar sepanjang hayat
9). Diversifikasi kurikulum
c. Implikasi terhadap pengembangan aspek pembelajaran
1). Kegiatan pembelajaran diarahkan untuk menggali dan
mengembangkan potensi anak didik.
2). Guru bertindak dan berusaha menyediakan waktu dan tempat
agar siswa belajar.
3). Kriteria keberhasilan siswa meliputi aspek kognitif,
afektif dan psikomotor.
B. Inovasi kurikulum berbasis masyarakat
1. Karakteristik
a. Karakteristik pembelajaran à berorientasi pada masyarakat, disiplin berdasarkan
tanggung jawab, metode dititikberatkan pada pemecahan masalah, mempelajari
sumber masyarakat, strategi meliputi karyawisata, dlsb.
b. Karakteristik materi pembelajaran à validitas teruji, tingkat kepentingan diperlukan,
kebermanfaatan sebagai pengembangan kecakapan hidup, layak dipelajari, menarik
minat, alokasi waktu, sarana&sumber belajar
c. Kegiatan siswa dan guru à guru memberikan peluang bagi siswa untuk mencari, peran
guru hanya fasilitator, sumber balajar, pembina dan konsultan.
d. Penilaian à serangkaian kegiatan untuk mengumpulkan, menganalisis,
dan menkasirkan data tentang proses dan hasil belajar siswa.
2. komponen :
a. tujuan dan filsafat pendidikan
b. analisi kebutuhan masyarakat
c. tujuan kurikulum
d. pengorganisasian dan implementasi kurikulum
e. tujuan pembelajaran
f.
strategi
pembelajaran
g. teknik evaluasi
h. implementasi strategi pembelajaran
i.
penilaian
dalam pembelajaran
j.
evaluasi
program kurikulum
C. Inovasi kurikulum berbasis keterpaduan
1. Pengertian à bentuk kurikulum yang meniadakan batas-batas antara
berbagai mata pelajaran dan menyajikan bahan pelajaran dalam bentuk unit atau
keseluruhan (integrated curriculum).
2. Komponen-komponen à komponen lulusan, metode, evaluasi, balikan dan
masyarakat.
3. Kurikulum terpadu yang paling banyak digunakan à model connected, webbed dan integrated.
4. Prosedur pengembangan
a. Tujuan sumber unit à menyediakan sumber, memberikan bimbingan, memuat
petunjuk, memuat saran, dan menunjukkan bermacam pengalaman.
b. Kriteria penyusunan rencana umum à rencana umum bernilai, dikembangkan oleh kelompok guru,
disusun sedemikian rupa agar mudah dilakukan, dan menyediakan cukup persiapan
fasilitas dan waktu.
c. Organisasi dan isi rencana umum à melipiti filsafat dan tujuan sekolah dipahami dengan
baik, tujuannya bermakna, ruang lingkupnya berscope jelas, kegiatannya
terorganisir, rencana lengkap sumber belajar, prosedur evaluasi sesuai tujuan,
pengalaman yang membantu guru, dan diskusi berbagai rencana umum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar