Minggu, 14 Februari 2016

Analisis Kompetensi Personal Guru TK

(1)  Memiliki sensitifitas kepada perasaan anak dan mampu berfikir seperti mereka.
à Maksudnya seorang guru TK itu harus peka terhadap perasaan anak dan mampu berfikir seperti mereka atau memandang sesuatu itu dari sudut pandang anak.

(2)  Siap mendengarkan anak untuk mengerti apa yang mereka rasakan.
à Guru TK juga harus bisa menjadi pendengar setia cerita setiap anak (apapun cerita mereka) untuk memahami apa yang sedang mereka alami dan rasakan.

(3)  Menggunakan bahasa non verbal dalam berkomunikasi dan dapat mengadaptasi bahasa orang dewasa untuk memaksimalkan komunikasi dengan anak.
à Guru TK harus mampu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak untuk memudahkan dan memaksimalkan proses interaksi dan komunikasi dengan anak.

(4)  Melindungi tanpa membatasi perilaku anak dan kegembiraan anak secara spontan.
à Peran guru TK selain sebagai pendidik adalah harus mampu berperan sebagai Ibu bagi anak-anak didiknya, dan salah satu tugas guru dalam kapasitas seorang Ibu salah satunya adalah melindungi anak-anak tanpa harus membatasi aktivitas dan kegemaran mereka.

(5)  Menerima perbedaan anak dan memakai hal positif yang terdapat pada perbebdaan dalam komunitas mereka.
à Guru TK harus memahami bahwa anak adalah individu yang unik dan memiliki sesuatu hal pembeda dengan anak yang lain (baik positif atau negatif), dan menggunakan hal tersebut mejadi sesuatu yang positif dalam interaksi sosial setiap anak di dalam komunitasnya (membantu setiap anak untuk bertoleransi terhadap perbedaan dirinya dengan teman-temannya).

(6)  Mengontrol kegiatan dalam bentuk pengamatan saja tanpa turut dalam kegiatan tersebut.
à Seorang guru TK harus selalu mengontrol perkembangan setiap anak didiknya dengan mengamati segala aktifitas mereka tanpa harus terlibat dalan kegiatan mereka.

(7)  Mampu mengendalikan emosi atau membawa anak kepada keberhasilan dan mendukung anak dalam setiap masalah.
à Pengendalian emosi seorang guru adalah salah satu hal yang penting dalam membawa anak pada keberhasilannya selain guru tersebut juga harus terus memberikan dukungan kepada anak di setiap masalah yang mereka hadapi untuk mencapai keberhasilan itu.

(8)  Memiliki pembawaan yang humoris dan imaginatif dalam kelompok.
à Seorang guru TK harus mampu menjadi sosok yang lucu dan menyenangkan di mata dan hati setiap anak didiknya, dan juga harus mampu mengoptimalkan imajinasi yang dimilikinya dalam setiap interkasi dengan anak didik.

(9)  Memiliki komitmen untuk memaksimalkan potensi dan minat anak, serta dalam keluarganya.

à Guru TK juga harus memiliki komitmen untuk selalu berusaha memaksimalman dan mengoptimalkan potensi dan minat setiap anak, serta mampu berkoordinasi dengan keluarganya untuk mendukung hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar