(1) Memiliki sensitifitas kepada perasaan anak
dan mampu berfikir seperti mereka.
à Maksudnya seorang guru TK itu harus peka
terhadap perasaan anak dan mampu berfikir seperti mereka atau memandang sesuatu
itu dari sudut pandang anak.
(2) Siap mendengarkan anak untuk mengerti apa
yang mereka rasakan.
à Guru TK juga harus bisa menjadi pendengar
setia cerita setiap anak (apapun cerita mereka) untuk memahami apa yang sedang
mereka alami dan rasakan.
(3) Menggunakan bahasa non verbal dalam
berkomunikasi dan dapat mengadaptasi bahasa orang dewasa untuk memaksimalkan
komunikasi dengan anak.
à Guru TK harus mampu menggunakan bahasa
yang mudah dimengerti oleh anak untuk memudahkan dan memaksimalkan proses
interaksi dan komunikasi dengan anak.
(4) Melindungi tanpa membatasi perilaku anak
dan kegembiraan anak secara spontan.
à Peran guru TK selain sebagai pendidik
adalah harus mampu berperan sebagai Ibu bagi anak-anak didiknya, dan salah satu
tugas guru dalam kapasitas seorang Ibu salah satunya adalah melindungi
anak-anak tanpa harus membatasi aktivitas dan kegemaran mereka.
(5) Menerima perbedaan anak dan memakai hal
positif yang terdapat pada perbebdaan dalam komunitas mereka.
à Guru TK harus memahami bahwa anak adalah
individu yang unik dan memiliki sesuatu hal pembeda dengan anak yang lain (baik
positif atau negatif), dan menggunakan hal tersebut mejadi sesuatu yang positif
dalam interaksi sosial setiap anak di dalam komunitasnya (membantu setiap anak
untuk bertoleransi terhadap perbedaan dirinya dengan teman-temannya).
(6) Mengontrol kegiatan dalam bentuk
pengamatan saja tanpa turut dalam kegiatan tersebut.
à Seorang guru TK harus selalu mengontrol
perkembangan setiap anak didiknya dengan mengamati segala aktifitas mereka
tanpa harus terlibat dalan kegiatan mereka.
(7) Mampu mengendalikan emosi atau membawa
anak kepada keberhasilan dan mendukung anak dalam setiap masalah.
à Pengendalian emosi seorang guru adalah
salah satu hal yang penting dalam membawa anak pada keberhasilannya selain guru
tersebut juga harus terus memberikan dukungan kepada anak di setiap masalah
yang mereka hadapi untuk mencapai keberhasilan itu.
(8) Memiliki pembawaan yang humoris dan
imaginatif dalam kelompok.
à Seorang guru TK harus mampu menjadi sosok
yang lucu dan menyenangkan di mata dan hati setiap anak didiknya, dan juga
harus mampu mengoptimalkan imajinasi yang dimilikinya dalam setiap interkasi
dengan anak didik.
(9) Memiliki komitmen untuk memaksimalkan
potensi dan minat anak, serta dalam keluarganya.
à Guru TK juga harus memiliki komitmen
untuk selalu berusaha memaksimalman dan mengoptimalkan potensi dan minat setiap
anak, serta mampu berkoordinasi dengan keluarganya untuk mendukung hal
tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar