Kurikulum adalah
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Pasal 1 Butir 19 UU No. 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional);
b.
Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pembelajaran serta
metode yang digunakan sebagai pedoman menyelenggarakan kegiatan
pembelajaran (Keputusan Menteri Kesehatan Nomor:
725/Menkes/SK/V/2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan di bidang
Kesehatan.).
c.
Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai
isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya
yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di
perguruan tinggi (Pasal 1 Butir 6 Kepmendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman
Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa);
d. Menurut Grayson (1978),
kurikulum adalah suatu perencanaan untuk mendapatkan keluaran (out- comes) yang
diharapkan dari suatu pembelajaran. Perencanaan tersebut disusun secara
terstruktur untuk suatu bidang studi, sehingga memberikan pedoman dan instruksi
untuk mengembangkan strategi pembelajaran (Materi di dalam kurikulum harus
diorganisasikan dengan baik agar sasaran (goals) dan tujuan (objectives)
pendidikan yang telah ditetapkan dapat
tercapai;
e. Sedangkan menurut Harsono
(2005), kurikulum merupakan gagasan pendidikan yang diekpresikan dalam praktik.
Dalam bahasa latin, kurikulum berarti track atau jalur pacu. Saat ini
definisi kurikulum semakin berkembang, sehingga yang dimaksud kurikulum tidak
hanya gagasan pendidikan tetapi juga termasuk seluruh program pembelajaran yang
terencana dari suatu institusi pendidikan.
Perkataan kurikulum berasal daripada bahasa Latin
“curere” yang bermaksud satu litar atau pusingan perlumbaan.
Menurut Taba (1962) kurikulum ialah satu
rancangan pengajaran (plan of learning).
Manakala Saylor et.al (1981) pula mengatakan
bahawa kurikulum ialah suatu kumpulan pengalaman dan hasil pembelajaran yang
dihasilkan melalui pembinaan pengetahuan yang sistematik yang berkesinambungan
dan terus berkembang dalam diri seseorang.
Selain itu,
Tanner & Tanner (1978) pula mengatakan bahawa kurikulum ialah, “…the
planned and guided learning experiences and intended learning outcomes,
formulated through the systematics reconstruction of knowledge and
experience..’for the learners’ continuous and willful growth in person-social
competence.”
Dari beberapa pendapat di atas, dapat dikatakan bahawa kurikulum ialah satu kumpulan
maklumat atau rancangan pendidikan yang dibina untuk kumpulan pelajar tertentu
bagi mencapai matlamat atau objektif yang telah ditetapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar