Minggu, 14 Februari 2016

Definisi Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Pasal 1 Butir 19 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional);
b.      Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pembelajaran serta metode yang  digunakan sebagai pedoman menyelenggarakan  kegiatan pembelajaran (Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 725/Menkes/SK/V/2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan di bidang Kesehatan.).
c.       Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi (Pasal 1 Butir 6 Kepmendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa);

d.      Menurut Grayson (1978), kurikulum adalah suatu perencanaan untuk mendapatkan keluaran (out- comes) yang diharapkan dari suatu pembelajaran. Perencanaan tersebut disusun secara terstruktur untuk suatu bidang studi, sehingga memberikan pedoman dan instruksi untuk mengembangkan strategi pembelajaran (Materi di dalam kurikulum harus diorganisasikan dengan baik agar sasaran (goals) dan tujuan (objectives) pendidikan yang telah ditetapkan dapat tercapai;
e.      Sedangkan menurut Harsono (2005), kurikulum merupakan gagasan pendidikan yang diekpresikan dalam praktik. Dalam bahasa latin, kurikulum berarti track atau jalur pacu. Saat ini definisi kurikulum semakin berkembang, sehingga yang dimaksud kurikulum tidak hanya gagasan pendidikan tetapi juga termasuk seluruh program pembelajaran yang terencana dari suatu institusi pendidikan. 

Perkataan kurikulum berasal daripada bahasa Latin “curere” yang bermaksud satu litar atau pusingan perlumbaan.

Menurut Taba (1962) kurikulum ialah satu rancangan pengajaran (plan of learning).
Manakala Saylor et.al (1981) pula mengatakan bahawa kurikulum ialah suatu kumpulan pengalaman dan hasil pembelajaran yang dihasilkan melalui pembinaan pengetahuan yang sistematik yang berkesinambungan dan terus berkembang dalam diri seseorang.

Selain itu, Tanner & Tanner (1978) pula mengatakan bahawa kurikulum ialah, “…the planned and guided learning experiences and intended learning outcomes, formulated through the systematics reconstruction of knowledge and experience..’for the learners’ continuous and willful growth in person-social competence.”

Dari beberapa pendapat di atas, dapat dikatakan bahawa kurikulum ialah satu kumpulan maklumat atau rancangan pendidikan yang dibina untuk kumpulan pelajar tertentu bagi mencapai matlamat atau objektif yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar